23 March 2007

Maya Render Layer problem

Ini problem laen yg sedang dihadapi di kantor.

Scene terdiri dari :
-sphere
-plane

dengan material sebagai berikut :
- misss_fast_simple_maya, kemudian attach lightmap shader dan mentalraytexture.
- pada render layer, assign occlusion override.

lalu, set multiply mode pada layer occlusion.

Agar lebih jelas, liat illustrasi ini:



Maka apabila kita render masing2 layer, kita mendapatkan :
SSS


Ambient Occlusion


Lalu pada layer editor, hidupkan composite pass :



Maka ini yg kita dapatkan :


Gambar diatas ternyata tidak sesuai dengan yg kita harapkan.

Khiang, technical 3D supervisor di kantor, dan saya yg masi cupu melakukan beberapa test/experimen, dan akhirnya menemukan solusinya.
Hal ini disebabkan oleh adanya alpha/mask pada hasil renderan. Walaupun pada render global kita sudah uncheck alpha channel (Mask).
Cara laen utk benar2 mematikan alpha ialah pada framebuffer maya :
opsi ini masi menyimpan alpha = RGBA (Red Green Blue Alpha)


Oleh karena itu, hilangkan alphanya hehe.. :


dan image akhir dari composite :


Ada beberapa technical issue disini:
- Pada saat saya test render, walaupun settingannya sudah benar, kayanya harus direfresh lagi rendernya, dengan cara mengubah panah merah yg terletak di samping huruf 'R' pada render layer editor menjadi hijau, kemudian render lagi. Proses ini tidak akan berlangsung lama, karena panah hijau berarti kita menggunakan hasil renderan sebelumnya (no re-render), sort of refresh.
- Pada test ini kami menggunakan format iff, kami belum mencoba menggunakan jpeg, tiff, tga dan sebagainya.

22 March 2007

Mia Madness

Just a little reminder for myself. Ketika memakai mia_material pada mental ray. Hati2 ama size/proportion/scaling pada scene, karena berpengaruh banget ama hasil rendering.

Kesalahan ini saya temukan pada saat scene yg saya buka dari kerjaan teman. Setelah selesai menganimate, saya buka scenenya utk tweak shader/lighting agar matching dengan background.

Namun, ntah kenapa.. 2 hari saya tweak ga dapet2 settingannya, dimana tidak terlihat transparansi di belakang jar tersebut.



Akhirnya setelah saya hampir putus asa, saya buka master file yg hanya berisi object jar tersebut, kemudian saya assign shader yg sama, lalu render.. and I got this.


Bloody HELL.........

18 March 2007

Balloon Express by Menara Games


Sebuah game lokal buatan anak bandung, judulnya balloon express. Setelah mencoba trialnya, langsung ketagihan. Graphicnya bagus, gamenya menarik. Simple...yet entertaining.

A good game to relieve your stress :)

Coba deh

13 March 2007

Easy Caricature





Caricature ialah sebuah art dimana portrait seseorang di modifikasi, baek simplifikasi, distorsi, dll. Agak susah juga kalo mau belajar, makan waktu, dan banyak usaha. Namun hari ini saya menemukan sebuah software, dimana foto seseorang bisa dimodifikasi dengan mudah. Walau sebenarnya hal ini bisa dilakukan di Photoshop, tetapi software ini banyak memberi kemudahan.

Cobalah.

12 March 2007

ICG speed modeling 8th session entry

Tema : Kids Toys.
Here's mine :


Link

09 March 2007

Speed Modeling timelapse

2 minggu lalu aku sempat ikut speed modeling yg diadakan di ICG. Ini hasilnya, seekor stingray, tribute to Mr.Crikey.

Ini link timelapse videonya, walau ga komplit, karena kesalahan teknik pas recording.*Aku pake snagIT, seharusnya camtasia, akhirnya filenya gede abis.
Here's the link to download:
part_01
part_02