22 October 2006

CCleaner

CCleaner is a freeware system optimization and privacy tool. It removes unused files from your system - allowing Windows to run faster and freeing up valuable hard disk space. It also cleans traces of your online activities such as your Internet history. But the best part is that it's fast (normally taking less than a second to run) and contains NO Spyware or Adware! :)

CCleaner - Freeware Windows Optimization

Gw udah nyoba tools ini dan memang terbukti membersihkan file2 registry, cookies, temp files, dan laen sebagainya. I recommend download this tool, sizenya ga gede. Banyak software alternatif seperti ini, namun kebanyakannya berupa commercial.

17 October 2006

Freelance guide to Pricing

Gambar berikut di bawah ini saya dapat dari teman saya, walau udah lama ditulis, tapi masi bisa dijadikan sebagai panduan umum.. dan bukan hanya terbatas pada dunia CG saja. Bisa saja diterapkan ke web design, graphic, interior, dan laen sebagainya. Hanya dibutuhkan beberapa penyesuaian :)

Silahkan klik pada gambar utk memperbesar. (mind the low compression images to allow faster loading time)










13 October 2006

Organizing Mental Ray Shaders

Mental Ray for Maya secara default diinstall di folder Program Files. Berikut alasan kenapa kita menggunakan custom location path agar maya meload mental ray shader di lokasi yg kita tentukan:

- Pada lingkungan kerja seperti saya, komputer diberikan restriksi agar tidak dapat meng-akses folder program files.
- Menjaga agar folder Maya 'bersih'.
- Custom path dapat ditaroh di sebuah server, dan dapat dilink dari beberapa workstation, sehingga shaders tidak perlu diinstall pada tiap2 machine, terutama apabila ada update.. kan repot..

Berikut langkahnya:
- buat folder di my documents\mayax.x\ dengan nama mentalRay
- dalam folder mentalRay, buat 2 folder dengan nama include dan lib
-
Copy maya.rayrc dari folder program files ke folder mentalray
- edit maya.rayrc dengan menggunakan notepad. Contoh :

#**********************************
# Copyright 1986-2003 by mental images GmbH & Co.KG, Fasanenstr. 81, D-10623
# Berlin, Germany. All rights reserved.
#**********************************
# Evaluated at startup time of the plug-in to fill the mental ray registry.
#**********************************/

registry "{MAYABASE}" value "C:/Program Files/Alias/Maya6.0/mentalray" end registry

registry "{SYSTEM}" value "windows" end registry
registry "{DSO}" value "dll" end registry

$lookup "{MAYABASE}"
$lookup "{SYSTEM}"
$lookup "{DSO}"

registry "{MRMAYA_START}"
link "{MAYABASE}/lib/base.{DSO}"
link "{MAYABASE}/lib/physics.{DSO}"
link "{MAYABASE}/lib/mayabase.{DSO}"
link "{MAYABASE}/lib/contour.{DSO}"
link "{MAYABASE}/lib/subsurface.{DSO}"

mi "{MAYABASE}/include/mayabase.mi"
mi "{MAYABASE}/include/base.mi"
mi "{MAYABASE}/include/physics.mi"
mi "{MAYABASE}/include/contour.mi"
mi "{MAYABASE}/include/subsurface.mi"
echo "mental ray for Maya - startup done"
end registry

$lookup "{MRMAYA_START}"

#********** CUSTOM SHADER SECTION **********#
# taroh custom shader di bawah ini, sesuai dengan nama shader di folder mentalRay

registry "{MYBASE}" value "{$HOMEDRIVE}/{$HOMEPATH}/My Documents/maya/mentalray" end registry

$lookup "{MYBASE}"

registry "{MY_START}"
link "{MYBASE}/lib/ReflectionUtility.{DSO}"
mi "{MYBASE}/include/myPhenomena.mi"
mi "{MYBASE}/include/usefulPhen.mi"
mi "{MYBASE}/include/ReflectionUtility.mi"
end registry

$lookup "{MY_START}"



- Sejauh ini MentalRay hanya di load sewaktu kita melakukan proses rendering. Agar MentalRay dapat diload saat Maya startup, kita harus menentukan path custom shader, dimana bisa dilakukan di Maya.env yg terletak di My Documents\maya\6.0
- buka dan edit, tambahkan command ini :

MI_CUSTOM_SHADER_PATH=%USERPROFILE%\My Documents\maya\mentalray\include

That's it for basic stuff.

Going further...

Kadang Shaders MentalRay datang bersama AETemplate dan icons. Taro AETemplate di maya6.0/scripts/AETemplates folder(buat kalo belum ada) dan icons ke maya6.0/pref/icons folder.
Kemudian pada Maya.env, tambahkan command ini:

MAYA_SCRIPT_PATH=%USERPROFILE%\My Documents\maya\scripts\AETemplates

12 October 2006

Binary Alchemy Mental Ray shaders pack

Karena lagi nunggu render, saya coba browsing2 website yg berhubungan dengan xsi. Bukan karena software, melainkan Mental ray-nya :P Good news is, saya ketemu website yg bagus. Ga tau gw yg kolot ato apa, tapi yg pasti ini perlu dipelajari dan diterapkan dalam produksi.

Belakangan ini saya masi mempelajari shaders dari Fransescaluce (Ctrl Studio). Beberapa diantaranya ialah ctrl.buffer dan ctrl.occlusion yg terpenting.

Informasi ttg shaders dan downloadnya bisa didapati di :

http://tokeru.com/twiki/bin/view/Main/MentalRayShader

Beberapa plugin/shaders Mental ray dapat didownload di website ini :

http://www.binaryalchemy.de

Worth a try, terutama LightDome, karena algoritma penggunaan lightnya beda dengan IBL yg lumayan banyak dan lama, dimana bisa dioptimize dan mempercepat waktu render.

10 October 2006

MaxYa

phew sibuk dengan project belakangan ini. Dan juga mental ray 3.5 :)
Ada sedikit update ttg tools dari Kursat, namanya MaxYa .. hehe kedengarannya lucu. Walau masi under development, kayanya ini tools bakal nge-gantiin Mel Studio Pro. Dari screenshot gw liat bakalan lebih comfortable buat edit mel script dan juga workflownya. Bagusnya lagi.. FREE.. Can't wait for it's release :)

ini linknya : http://www.ddmel.com//index.php?categoryid=24

01 October 2006

Vray for Maya render test

Walau masi dalam tahap beta dan belum sepenuhnya compatible dengan maya, renderer yg semakin populer di kalangan Max user ini nampaknya memiliki potensi yg baek sebagai renderer choice saya. Easy to use, outstanding result.

Ini screenshot dari test saya dengan menggunakan cornell box. Render dengan menggunakan GI. Kedua gambar dirender dalam waktu kurang dari 3 menit. Size gambar cuman dibatasi segitu, dan diberi watermark (karena emang public beta release).

to do list selanjutnya, mental ray 3.5 dan maya 8.0 :)