19 July 2006

Integrated or Separated package?

Taon 2006 ini kayanya bakal jadi taon yg menarik buat CG artist. Gimana ga? 2 software canggih baru bakal keluar taon ini.

Salah satunya ialah mudbox3D. Program yg bakal mengganti zbrush ini dibuat oleh developer team utk Lord of the rings dan king kong. Beberapa beta tester telah menunjukkan kualitas yg impresif, dan feedback yang luar biasa.

Selain itu, ada juga program yg dibuat khusus utk animasi. REFLEX, program yg di develop oleh Ex-pixar programmer yg ditargetkan bakal membuat animasi 3D jauh lebih gampang. Program yg mirip dengan animanium dan HASH animation master ini jauh lebih advanced.

Dengan ini, saya menyimpulkan, apakah di masa depan kita akan menggunakan package secara terpisah?

Bisa saja utk modeling, saya pake MODO, Kemudian texturing yah spt biasa memakai PS ataupun BodyPaint dan juga MudBox ato Zbrush sebagai komplimen. Utk unwrap, selaen dari Modo, ada UNFOLD3D dan UVLAYOUT. Utk rendering, bisa saja memakai maxwell (ato sejenis-nya seperti Mental Ray stand Alone ato Pixar renderman server). Lalu utk animasinya bisa memakai REFLEX sendiri.

Sayang saja, belum ada package tersendiri utk rigging, kalo udah keluar, complete sudahlah separate package pipeline ini.

Dari segi harga, boleh dibilang separate package ini lebih murah (maaf, walau belum saya kalkulasi). Dan apabila lebih mahal, fitur yang didapatkan juga worth it.

Masalah yg mungkin dihadapi ialah, bagaimana menggabungkan kesemua software ini dalam sebuah pipeline agar menjadi harmonis?

Program all-in-one seperti maya mungkin mempunyai workflow dan pipeline yg lbh bagus, tetapi updatenya jauh lebih lambat dibanding software2 specific.

Ibaratnya membandingkan generalist dengan specialist.


technorati tags:, , , , ,

Blogged with Flock

17 July 2006

Maya Toggle UI window

Edited version :)


Di Maya, ketika sebuah window dipanggil dengan shortcut key, maka biasanya tidak ada jalan laen selaen click tanda 'x' di bagian kanan atas untuk menutup windows itu. Karena saya males, dan Maya adalah sebuah program yg fleksibel...saya buatin aja biar bisa toggle on off windownya gitu dengan simple MEL.

Pada dasarnya concept toggle on off ini sama antara 1 window dengan window yg laen:

//toggle_graphEditor, gw assign ke 'alt+2'
if ( `window -exists graphEditor1Window` )
deleteUI -window graphEditor1Window;
else
tearOffPanel "Graph Editor" "graphEditor" true;


//toggle DopeSheet, gw assign ke '2'
if ( `window -exists dopeSheetPanel1Window` )
deleteUI -window dopeSheetPanel1Window;
else
tearOffPanel "Dope Sheet" "dopeSheetPanel" true;


//toggle Outliner, assign ke '1'
if ( `window -exists outlinerPanel1Window` )
deleteUI -window outlinerPanel1Window;
else
OutlinerWindow;


//toggle HyperGraph, gw assign ke 'alt+1'
if ( `window -exists hyperGraphPanel1Window` )
deleteUI -window hyperGraphPanel1Window;
else
tearOffPanel "Hypergraph" "hyperGraphPanel" true;


//toggle HyperShade, assign ke 'm', just like material editor in max :)
if ( `window -exists hyperShadePanel1Window` )
deleteUI -window hyperShadePanel1Window;
else
tearOffPanel "Hypershade" "hyperShadePanel" true;


//toggleAttributeEditor, still 'ctrl+a'
string $panel = `getPanel -withFocus`;
if (`window -exists AEWindow`)
{
deleteUI -window "AEWindow";
/*window -e -visible false AEWindow;*/
}
else
/*ShowAttributeEditorOrChannelBox;*/
openAEWindow;
setFocus $panel;


//toggle RenderView, gw assign ke '3'
if ( `window -exists renderViewWindow` )
deleteUI -window renderViewWindow;
else
tearOffPanel "Render View" "renderWindowPanel" true;


//toggle Shelf, gw assign ke 'alt+`'
{
setShelfVisible 1; //turn on shelf
global string $gShelfTopLevel;

string $switchTab;
string $children[] = `tabLayout -q -ca $gShelfTopLevel`;
$children[size($children)] = $children[0];

string $currentShelf = `tabLayout -q -st $gShelfTopLevel`;

for($i=0; $i<`size($children)`; $i++)
{
if($children[$i] == $currentShelf)
{
$switchTab = $children[$i+1];
break;
}
}

tabLayout -edit -st $switchTab $gShelfTopLevel;
}


//toggle WireFrameShade, 'ctrl+4'
$currentPanel = `getPanel -withFocus`;
$state = `modelEditor -q -wos $currentPanel`;
modelEditor -edit -wos (!$state) $currentPanel;

/*toggle backface DISPLAY culling, 'ctrl+5'*/
ToggleBackfaceCulling;

/*toggle backface GEOMETRY culling, 'shift+5'*/
ToggleBackfaceGeometry;

Sedikit info ttg perbedaan display culling dan geometry culling yg pernah saya posting di indocg :

user posted image

user posted image

user posted image

user posted image

user posted image

user posted image

user posted image


technorati tags:, , ,

Blogged with Flock

08 July 2006

Jason Schleifer animator friendly rigging

Been so busy past few weeks. Now I'm currently in character rigging process for upcoming Cadbury commercial.

Accidentally I revisited Jason Schleifer's blog and found out a treasure. :)

For those who are interested in Rigging, here is a nice article. Jason is currently doin a DVD and a book for release in Siggraph 06 next month.

http://jonhandhisdog.com/index.php?option=com_content&task=view&amp;id=41&Itemid=2

Blogged with Flock