24 April 2006

back to work again.

Hari ini kembali ke KL setelah 2 minggu 'liburan' di Medan. Bosen juga kalo terlalu lama di Medan..kecuali kalo ada broadband 24jam hehe..

Akhirnya gw balek belajar web lagi setelah ketertarikan membuat website yg ditawarin Aplaus. Boleh dibilang bagian technical ttg mambo dan board system udah selesai...sekarang malah gw balek belajar html... gw liat di mambo banyakan pake CSS..apaan tuh!? dulu waktu kuliah juga ga belajar..cuman denger2 aja :P

belajar lagih doh!

20 April 2006

Designing Website Aplaus

Liburan 2 minggu di medan emang rada membosankan..Kompie ku ga bisa install Max8, ga tau napa..bentrok ama Mental Ray..apes deh niatku belajar hairfx dan Vray..Lupa bawa pulang cd maya lagi..apes...apes...

Beberapa kali gw sempet nongkrong di kantor Aplaus [tabloid dwi-mingguan yg diedarkan gratis bersamaan dengan harian analisa]. Disana saya jadi tertarik balek untuk mendesign website tabloid mereka. Setelah proposal yg dibuat Tomy ditunjukkan ke saya, saya jadi mikir...memang seh dari segi design sudah tepat dengan apa yg dijual mereka, DESIGN AND LIFESTYLE... tetapi kalo kita mikir balek, fungsi ini susah diterapkan dalam dunia cyber. Ada beberapa kendala yg kita hadapi, diantaranya:
- Mendesign sebuah website TABLOID yg paling diutamakan ialah traffic dari pengunjung.
Beberapa faktor yg akan menarik pengunjung utk kembali mengunjungi website kita ditentukan oleh ARTIKEL yg MENARIK dan KECEPATAN informasi serta WAKTU loading.
- Dengan memperhatikan KECEPATAN informasi, maka yg kita butuhkan ialah: kemudahan dalam mengupload artikel2.
- Jika kita amati target market, maka mayoritas website ini ditujukan oleh orang medan. Kita semua tau koneksi di Medan: hidup DialUp!
Maka itulah kita perlu membuat sebuah konten website yg minimalis, stylish, namun kaya informasi. Sebuah tantangan yg menarik bagi saya.

Dari problema diatas saya mempunyai solusi sendiri berdasarkan pengalaman saya di dunia web.
- Dengan menggunakan CMS (Content Management System), website ini akan lebih mudah diatur karena bisa diatur oleh beberapa orang (tentunya yg memiliki level access).
- Dari CMS sendiri, tingkat partisipasi tidak terikat pada satu orang saja. Contohnya si A dan B bisa mengedit halaman itu bersama-sama, namun tetap dikontrol oleh Administratornya.
- Bentuk CMS sangat cocok dengan content Tabloid, yg mengutamakan kecepatan informasi, karena mudah utk mengupload berita.
- Waktu loading yg relatif singkat, karena menggunakan CSS (Cascading Style Sheet), bukan teknik konvensional kuno (table) yg scriptnya ribet.
- Lebih banyak fitur, seperti ShoutBox, Calendar, dan laen2nya.

Dan sebagai tambahan, saya juga akan membuat sebuah forum dimana users bisa saling berinteraksi. Untuk sementara ini saya masi menggunakan phpBB(BB=BulletinBoard). Di masa yg akan datang, saya mgk akan mengganti ke IPS(Invision Power Board) atau punBB.

Testing CMS saya menggunakan Joomla! pertama kalinya, tetapi terdapat beberapa isu ttg incompatibility. Akhirnya saya migrasi ke MAMBO, yg sebenarnya mirip namun lebih kaya fitur dan lebih stable.

Instalasi saya jalankan secara lokal (boro2 pake Dialup...) dengan menginstal server Apache, php utk scripting languagenya, dan MySQL utk databasenya...kemudian melakukan proses instalasi MAMBO dan phpBB...dan akhirnya SUKSES! berikut contoh screenshotnya.







Dengan demikian, bagian technical telah selesai, langkah selanjutnya adalah membahas ttg LAYOUT, TEMA, DESIGN, dan CONTENT dari website Aplaus.

*buat Darwis dan temen2 aplaus, kalo ada pertanyaan...silahkan diajukan. ;)

06 April 2006

Final3 Modeling suite




Beberapa waktu lalu saya sempet berpikir untuk membuat Mel script ttg automated generate Image plane buat modeling reference setup. Saat saya browsing web utk mencari mel reference, saya terkejut karena udah ada yg bikin (ga ketemu seh di highend3d.com waktu itu). Saya udah liat videonya dan mencoba..ternyata emang ini yg gw butuhkan...malah jauh lebih advanced yg gw perkirakan...

masukin deh tool ini ke dalam pipeline maya elo semua...I highly recommend this tool.

http://www.final3.com/html/scripts/modellingsuite.htm

05 April 2006

MoonGeunYong update



Finally got time to update this cute chick.

"mac" is able to run zbrush and photoshop already, I installed iLife today. Seems like this is gonna be great..

03 April 2006

Headus UVLayout 1.10


www.uvlayout.com

Dulu saya pernah maen ama software ini waktu masi zaman beta test, ngasi input buat Headus...Rada nyesal juga karena waktu beta dulu gw ninggalin software ini...ga reliable kalkulasi unwrapnya dibanding MODO... namun sekarang, rasanya gw tertarik balek pengen nyoba software ini.

Software ini memang beda kalkulasi unwrapnya. Kebanyakan software3D yg ada fitur unwrapnya menggunakan metode Pelting, Dimana users menentukan garis seam, kemudian dari software diunwrap sedemikian rupa seperti layaknya mengupas. Metode ini banyak dijumpai pada software2 3D seperti Max (UVPelt), Maya(Unfold) & Plugin UVPelting dari Sunit Parekh(gratis), Modo(UnwrapTool).

Sedangkan pada HeadusUVLayout ini, kalkulasi ditentukan berdasarkan jarak antara 1 vertex dengan vertex laennya dalam viewport 3D, Apabila jarak antar vertices terlalu dekat, maka di dalam layout UV akan muncul warna kemerahan, sedangkan kalo jaraknya terlalu lebar, warna biru akan muncul, dan apabila jaraknya pas, maka keluar warna hijau. Concept ini bagus banget dibanding dengan teknik "Checker" yaitu melakukan proses mapping dengan texture seperti catur.

Setelah bermaen dengan beberapa metode ini, rasanya ga ada satupun yg paling bagus. Tergantung dari object apa yg diunwrap. Kalau halnya seperti kepala, body, organic object...saya lebih suka pake teknik pelting, sedangkan kalo misalnya ada sebuat terrain yg lahannya ga mulus, metode ini lebih bagus dibanding metode pelting.

Why don't give a try? lagian ada license demo buat 30 hari...kalo mau license permanen..email saya hehe..

Twisted website and osX86 driver update

barusan Website kantor gw diupdate... well mainly dibuat utk keperluan showoff works2 aja... bagian profil gw masi belum diisi haha..

www.twisted.com.my


Barusan gw dapet release driver MacVidia yg lebih baru..Pada build ini driver display udah bisa support wide screen dengan resolusi 1440x900. Gambar juga jauh lebih tajam dan performance grafik lebih kenceng.



*widescreen...UHUY!!

RealFlow 4



walao saya ga sering pake software ini dibanding temen kantor yg emang particle specialist, rasanya fitur yg diberikan ga begitu baru dibanding release sebelumnya.. Paling dari segi interface aja mirip ama maxwell...

Gosip seh katanya Nextlimit sekarang lagi kekurangan dana dalam mendevelop Maxwell, jadi apakah budget mereka dihabiskan dalam pengembangan software ini yg keliatannya lebih menjanjikan utk me-recover kembali penghasilan mereka?

01 April 2006

Happy 22nd April Fool Day!

Selamat ulang taun buat diriku... :)
Taon ini, umurku genap 22. gw sendiri ga ngerti, apakah seumuran ini gw masi dianggap tua apa masi muda.
Setidaknya kalo ada yg nulis ato bilang 'above 21'..gw udah ga ragu lagi...hihi..

Taon ini, dibanding ama taon lalu, emang banyak perubahan. Momen yg paling berkesan taon lalu ialah saat gw menyelesaikan kuliah Diploma gw di Limkokwing. Walau acaranya tidak grand, setidaknya gw senang bisa buat orang tua gw bangga. gw menyelesaikan kuliah gw dengan baek dan meraih Best Student Award di jurusan Multimedia (walao akhirnya nama gw ga diumumkan karena permaenan politik di kampus). Another good time di waktu saya diterima bekerja di Twisted Media. Saya sendiri juga ga sangka saya belajar Buaaannyak hal dari Justin dan kolega2 laennya. I'm grateful for being given good exposure, trust and responsibility.

Biasanya seh, ultah gw ga ada yg special. Tapi taon ini, saya merasa gembira. Lilo mengajak saya dinner kecil2an di sebuah food court malam sebelum ultah. Gw dikasi 3 buah cake kecil :) GPP lha walau ga tiup lilin..gw udah tua.. :P Thanks Dear for your time and the cakes :D








Semoga di taon ini saya bisa menjadi manusia yg lebih berguna dan lebih baek lagi...

*Happy birthday juga buat Darwis, bekas housemate saya dulu..Yg ultahnya sama ama gw :)
*Thanks buat temen2 yang udah ngucapin selamat :D. It's really appreciated.