Posts

Showing posts from 2006

tmSculpt

Image
Another simple script, tujuannya agar workflow polysculpt di streamlined, sehingga tidak perlu lagi tool setting yg besar muncul di bagian kanan, lagi pula lambat, kalo harus click sana, click sini..padahal kan banyak yg ga kepake..

Changing layout

Well...something new.. Udah bosen ama layout yang lama. Gw masi tetep demen ama K2 yang lama, tapi di blogger yg baru masi belum compatible. Sigh... wordpress bagus.. kalo di host di domain sendiri.. Blogger bagus.. cuman templatenya masi kurang.. ah... cuek~

tmCreateFolder

Image
What I'm working on currently...

Gw demen ama typo yg dipakai di editor gw. Bisa didapeti di http://www.proggyfonts.com/

query a directory name

How can I build a file browser dialog, to select a file that doesn't yet exist? Or to select a directory only? fileBrowserDialog Notes: The docs on this suck, so this is what you need to do: Example: First, built the file brower dialog: -mode is telling it what to do:fileBrowserDialog -mode 2 -fileCommand "procName" -actionName "whatYouAreDoing";
-mode 0 is for reading files, so if you type in a name that dosn't exist, the browers will give an error -mode 1 & 2 are pretty much the same and are for for writing to file, so you can speficy your own filename inthe browers. -mode 4 is for selecting directories only. -fileCommand is the name of the below proc, that the fileBrowserDialog? passes its info to. -actionName is simply what is printed in the UI, telling the user what is going on Next, you need to build a proc, that can take the return from the FBD, and then do something with it. It needs to be in the below format, but the proc name, and var names…

2isted Maya File Manager

Image
Based on soBrowser by Safak Oner. Modified to suit office pipeline. Added, modified, remove, and enhance some features. Also fixing some problems regarding compatibility with windows2000 and Maya6.

The script is also a way to learn MEL. I now realize MEL is powerful!

yet complicated... ^^

Project ini cuman buat latihan scripting. I hope one day I can create my own script :)

Finally an update :)

Image
Super sibuk belakangan.. Lebih banyak ngurusin pipeline kantor. Barusan kelar ngeset renderfarm. Well.. setelah beberapa trial dan attempt, kita decide make Muster 4.5. Sebelumnya ngetes drQueue tapi terlalu complicated dan lebih linux based, ngetes NDRserver, ini simple banget. Ga ada instalasi, dan ga ada setup network segala, dan berjalan dengan baek. Kita ga pakai karena ga ada support buat mental ray for maya. Custom string bisa dilakukan (dengan memasukkan "render -r mr ...", namun hanya berfungsi pada 1 komputer. Enfuzion keliatan terlalu rumit dan memerlukan sebuah dedicated server, maka kita batalkan. Royal render keliatan bagus, namun lebih ke linux based. RenderPal seems to be sooo good.. Tapi karena sebelumnya kita udah nginstall muster (tapi versi jadul) maka portnya clash. Akhirnya setelah ngetes beberapa candidates, we decided to enchance Muster performance.

Buat yg biasa render big size buat print, ada satu tool yg bagus dari renderpal, namanya renderpal 2004 …

CCleaner

Image
CCleaner is a freeware system optimization and privacy tool. It removes unused files from your system - allowing Windows to run faster and freeing up valuable hard disk space. It also cleans traces of your online activities such as your Internet history. But the best part is that it's fast (normally taking less than a second to run) and contains NO Spyware or Adware! :)



Gw udah nyoba tools ini dan memang terbukti membersihkan file2 registry, cookies, temp files, dan laen sebagainya. I recommend download this tool, sizenya ga gede. Banyak software alternatif seperti ini, namun kebanyakannya berupa commercial.

Freelance guide to Pricing

Image
Gambar berikut di bawah ini saya dapat dari teman saya, walau udah lama ditulis, tapi masi bisa dijadikan sebagai panduan umum.. dan bukan hanya terbatas pada dunia CG saja. Bisa saja diterapkan ke web design, graphic, interior, dan laen sebagainya. Hanya dibutuhkan beberapa penyesuaian :)

Silahkan klik pada gambar utk memperbesar. (mind the low compression images to allow faster loading time)










Organizing Mental Ray Shaders

Mental Ray for Maya secara default diinstall di folder Program Files. Berikut alasan kenapa kita menggunakan custom location path agar maya meload mental ray shader di lokasi yg kita tentukan:

- Pada lingkungan kerja seperti saya, komputer diberikan restriksi agar tidak dapat meng-akses folder program files.
- Menjaga agar folder Maya 'bersih'.
- Custom path dapat ditaroh di sebuah server, dan dapat dilink dari beberapa workstation, sehingga shaders tidak perlu diinstall pada tiap2 machine, terutama apabila ada update.. kan repot..

Berikut langkahnya:
- buat folder di my documents\mayax.x\ dengan nama mentalRay
- dalam folder mentalRay, buat 2 folder dengan nama include dan lib
- Copy maya.rayrc dari folder program files ke folder mentalray
- edit maya.rayrc dengan menggunakan notepad. Contoh :

#**********************************
# Copyright 1986-2003 by mental images GmbH & Co.KG, Fasanenstr. 81, D-10623
# Berlin, Germany. All rights reserved.

Binary Alchemy Mental Ray shaders pack

Karena lagi nunggu render, saya coba browsing2 website yg berhubungan dengan xsi. Bukan karena software, melainkan Mental ray-nya :P Good news is, saya ketemu website yg bagus. Ga tau gw yg kolot ato apa, tapi yg pasti ini perlu dipelajari dan diterapkan dalam produksi.

Belakangan ini saya masi mempelajari shaders dari Fransescaluce (Ctrl Studio). Beberapa diantaranya ialah ctrl.buffer dan ctrl.occlusion yg terpenting.

Informasi ttg shaders dan downloadnya bisa didapati di :

http://tokeru.com/twiki/bin/view/Main/MentalRayShader

Beberapa plugin/shaders Mental ray dapat didownload di website ini :

http://www.binaryalchemy.de

Worth a try, terutama LightDome, karena algoritma penggunaan lightnya beda dengan IBL yg lumayan banyak dan lama, dimana bisa dioptimize dan mempercepat waktu render.

MaxYa

Image
phew sibuk dengan project belakangan ini. Dan juga mental ray 3.5 :)
Ada sedikit update ttg tools dari Kursat, namanya MaxYa .. hehe kedengarannya lucu. Walau masi under development, kayanya ini tools bakal nge-gantiin Mel Studio Pro. Dari screenshot gw liat bakalan lebih comfortable buat edit mel script dan juga workflownya. Bagusnya lagi.. FREE.. Can't wait for it's release :)

ini linknya : http://www.ddmel.com//index.php?categoryid=24

Vray for Maya render test

Image
Walau masi dalam tahap beta dan belum sepenuhnya compatible dengan maya, renderer yg semakin populer di kalangan Max user ini nampaknya memiliki potensi yg baek sebagai renderer choice saya. Easy to use, outstanding result.

Ini screenshot dari test saya dengan menggunakan cornell box. Render dengan menggunakan GI. Kedua gambar dirender dalam waktu kurang dari 3 menit. Size gambar cuman dibatasi segitu, dan diberi watermark (karena emang public beta release).

to do list selanjutnya, mental ray 3.5 dan maya 8.0 :)



Cgtalk Lighting challenge #06 entry

Image
Lagi pas free di kantor, 2 minggu belajar maxwell, scene pake Lighting challenge di cgtalk. Model dibuat oleh Jeremy Birn.

Technical spec :
-Render time : 34 jam
-Sampling level : 20
-api lilin dan asap dupa pake photoshop comp

Mouse Review

Image
Jadi gw semalam ke Lowyat buat nyari Mouse. Takut nyesel setelah beli, akhirnya gw bikin sedikit research di internet dulu. Pengennya mouse yg bagus, comfortable di tangan. Setelah gw cek, ternyata logitech G5 punya review yg bagus. Tapi selama ini di rumah gw sering pake mouse Razer DiamondBack, asik juga seh..lumayan comfortable. Akhirnya gw sendiri bingung. Mau beli yg mana yah? Logitech G5? Razer Copperhead? ato nunggu Microsoft Habu?

Saat ini gw demen banget yg Habu...

Ini comparisonnya
Microsoft Habu

Razer Copperhead

Logitech G5

menu_view_camera

Since my project was mostly done, I took an initiative to learn new stuffs and enhance my maya workflow today. I still have bunch of things to do for the other hotbox. It's a potential area that could be heavily modified to suit ur workflow, thus, increase the efficiency and save un-necessary times :)

This one is just the beginning :D

/*

SCRIPT NAME: menu_Views.mel
VERSION: 1.0
AUTHOR: Original author: Tchoa [tchoa_2k@hotmail.com]
Script modified by Elte [veltigo@gmail.com]

MODIFIED: 18.09.06 - modification to simplify and suit my workflow.

ABOUT: Sedikit tambahan pada hotbox common Modeling Pane. Default hanya menampilkan persp, side, top, dan front. Script ini
menambahkan fungsi look through, tear off Panel dan Tampilan camera yg berada di scene.

USAGE: taroh script di \maya\x.x\prefs\markingMenus
Go to > Window | Settings/Preferences | Marking Menus... dan load the script, kemudian assign ke hotbox [region: center…

Autodesk Maya8, Max 9, MotionBuilder 7.5 launch event in Kuala Lumpur

Image
Pertama kali dalam sejarah launching 3 produk dalam waktu yg bersamaan :D











register here

Digital Raster's nex dan Switcher

Image
Draster baru2 ini mengeluarkan sebuah software yg boleh dikatakan... simply fantastic. Dulu banyak argumen bagusan mana max atau maya. Karena saya sendiri ialah maya user, maka saya lebih terbiasa dengan maya, khususnya navigasi viewport dan workflownya. Namun, ada beberapa fitur di Max yg saya iri karena tidak ada di maya, terutama plugin dan particle flownya. Draster menciptakan sebuah plugin, dimana fungsinya ialah utk menjembatani pemakai Maya dan Max agar bisa bekerja dengan harmonis. Nex dan Switcher ialah sebuah plugin yg sangat membantu dalam workflow saya. Nex dikhususkan utk max user yg ingin suasana bekerja seperti Max dalam Maya, dan Switcher ialah kebalikannya. Jadi navigasi di maya, seperti alt+lmb utk orbit view bisa digunakan dalam max, demikian juga sebaliknya. Namun, perlu diketahui, navigasi global yg banyak dipakai software2 laen didominasi oleh sistem navigasi maya, dimana alt+lmb=orbit, alt+mmb=pan dan alt+rmb=zoom/dolly. Oleh karena itu, Max users kayanya harus …

Farewell Aplaus

Image
Just in case mereka ngerubah ato membuang website ini. gw ngambil snapshot terakhir dari kompie kantor. Gw udah ga terlibat dalam pembuatan website ini lagi karena udah diserahkan ke pihak Aplaus. Dulunya saya yg setup management system (pake mambo), ngedesign layout pake CSS, terus ngebuat forum (pake smf). I'm gonna miss them :)

Netvibes

Image
zaman sekarang Website sudah bisa dijadikan tools, diantaranya webtop, pengganti desktop berbasis website. Contohnya : www.30boxes.com . Ini berguna bagi para manusia yg sering mobile, kaya saya. Benter ke sini, benter kesana, tapi ketinggalan laptop saya, yah kehilangan update berita. Nah, dengan menggunakan 30boxes, kita bisa buka, dimana..kapan aja..asal ada internet

Ini screenshot netvibes saya ( Saya masi demen netvibes daripada 30boxes karena layoutnya lebih rapi dan lebih banyak widget (fitur) ).

Tab Tools di bagian atas isinya semua ttg tools yg ada di netvibes:



elte daily note : buat catatan singkat, biasanya saya browsing dapet url bagus, tapi ntah mau simpan dimana yah taro disitu dulu, ntar pulang rumah kan bisa buka lagi, kalo ga biasanya sering lupa.
to do list : yah to do list lha.
upload on imageshack : ga usah ke websitenya lagi, langsung upload dari bar nya aja hehe
gmail : buat ngecek ada email ga di gmail saya
ada calendar dan weather forecast juga.
terus ada del.icio.us …

Some mel to enhance your workflow

Hari ini saya ketemu beberapa script yg bisa membantu mempercepat workflow di Maya.

Perspective to Orthographic view in one click. Biasanya harus tekan space, keluar hotbox, terus pilih view mana yg ingin dipilih. Dengan script ini, view akan secara otomatis switch ke ortho berdasarkan derajat dari ortho tersebut. Karena udah terbiasa dengan hotbox, saya assign script ini ke tombol "~"
http://www.highend3d.com/maya/downloads/mel_scripts/modeling/misc/4254.html

Ini script kecil, tapi berguna :) Users maya sekarang bisa create camera dari perspective. Dulunya hanya ada di max dengan menekan tombol ctrl+C. Heck, I never know it's as easy as point and orient constraint :P
http://www.supercrumbly.com/archives.php?sid=164

Working permit approved

Akhirnya visa permit gw bekerja di KL diapproved. Gw bakal stay in this company for another year. Buat temen2 di Medan, sayang sekali ga bisa ngumpul lagi dalam beberapa bulan ini :(

Anyway, belakangan ini memang bener2 asli sibuk, gw recap aja headline nya hehe...

- Tgl 4 September adalah hari special, karena gw merayakan hari jadi kita yg ke 2, thanks for your love and support dear...
- Belakangan ini juga lebih sering maen ke rendering, nyoba maxwell, indigo, sunflow, ama finalrender for maya. It's addicting.
- Karena sering bookmark website, saya jadi sering pake del.icio.us, yuk sharing bookmarks! tag gw di sini
- Tiada aktivitas laen sepulang kantor selaen maen DOTA ( defense of the ancient). This game is my dessert after work.
- Aktivitas sehari hari di pagi hari : buka netvibes , kalo mau tau apa itu, saya pernah jelasin di sini: Aplaus community

Blogger beta emang cihuy!

Beberapa waktu lalu, saya sempet kesal dengan Blogger, karena saya harus migrate ke blogger yg baru (masi beta). Sebelnya, template gw ga jalan di blogger yang baru, akhirnya gw buang deh... lagian, ga bisa edit html dari template default. Namun, setelah beberapa waktu, akhirnya sekarang saya puas ama blogger, sekarang udah bisa kasi category ( walau namanya dijadikan labels, tapi cara kerjanya sama, dan lebih efisien ;) edit content langung tanpa harus ke dashboard dan backend. More organized layout, gw demen ama template yg sekarang... simple ajah. Walaupun dulu udah hampir pindah ke wordpress, gara2 ada category dan group blogging, tapi akhirnya apes juga karena templatenya ga bisa diedit. Sekarang blogger juga udah support multiple users. Ini bisa dijadikan ajang blogging rame2. Saya pernah punya impian ngebuat blog ttg maya, tapi belum ketemu users yg punya keinginan sama aja, dan juga sibuk belakangan ini. Akhirnya, saya rasa blogging pribadi dan saling networking kayanya lebih…

Synchronisasi Mel dengan JEdit

Beberapa waktu yang lalu, saya sering maen MEL di maya dengan menggunakan Mel studio Pro, advanced script editor yg di-integrasi langsung ke dalam maya. Namun, karena Maya 8 baru keluar, dan MelStudioPro ialah sebuah Plugin, maka API-nya harus diupdate. Sebuah alternatif yg tak kalah bagus ialah dengan menggunakan Jedit.

Jedit ialah sebuah text editor, berbasis openSource (gratis), dan lumayan powerful karena didukung oleh beberapa plugin. demikian juga dengan syntax highlightnya, kita bisa mendownload mel syntax yg ada di highend3d yg dibuat oleh Ron Bublitz.

Namun, 1 hal yg masi kurang, ialah setiap kali kita ingin mengeksekusi script tersebut, kita harus mencopy paste dari jEdit ke dalam script editor di maya, lumayan ribet juga kalo harus dilakukan berulang ulang. Solusinya ialah menggunakan maya editor yg dibuat oleh Ron juga. Kita bisa langsung mengeksekusi script dari JEdit, kemudian feedbacknya langsung muncul di Maya, tanpa perlu Copy Paste script lagi :)

the-area

autodesk akan meluncurkan sebuah komunitas bagi usersnya di www.the-area.com

Produk yg dibahas: maya, max, motion builder dan VIZ

feature yg ditawarkan:

tips dan tutorial
download trial, texture, shaders, plugins dan script
galeri
behind the screen
blogs dari developer
dan forum.

It's 2 hours left before it's launch here! So excited that I wait for it!

Maya Rigging note

Rigging note.
/* Materials di rangkum dari Fahrenheit Digital Rigging for Feature Animation */
For personal understanding & reminder :)

FK_IK Arm

A.Main Arm Rigging.
* FK joints, IK joints and "jnt" joints(will be driven by FK & IK arm joints)
Create IK joints
- Edge loop dari tangan, kemudian kasi cluster. (agar point berada di titik tengah dari selection)
- buat cv curve, dari cluster shoulder ke cluster wrist, tegak lurus ( by holding shift)
- buat 4 joints, 2 di elbow, tegak lurus dengan curve (hold c)
- set local rotation axis.
- rename the joint: char_l_arm01_ik - char_l_arm04ik_end
- buat locator, snap ke joint pertama, tarik ke belakang (z), rename char_l_armPoleVec01_loc
- set preferred angle.
- set ikHandle - flipped, not big deal. rename : char_l_arm01_ikh, rename effector : _eff
- buat locator, snap ke joint 1, parent joint1, polevector dan ikhandle ke locator itu.
- select wrist cluster, kmdn locator1, aim constraint.
- delete aim constraintnya.(karena tujuannya hanya ut…

Bla bla bla

Ga tau mau ngomong apa deh, udah lama ga update juga blog ini..kasian.Malam ini gw sempetin deh..walau ga tau mau nulis apa juga.Udah hampir seminggu semenjak kepulanganku di Medan selama 2 minggu. Bosen seh, ga banyak yg dikerjakan selaen hang out di Aplaus.Kerjaan di kantor sekarang...lumayan menarik. Bikin character lagi, project TouchNGo. 2 karakter yg simpel abis. Rignya asik, bisa nambah2 fitur seperti deformable dan stretchable. It's a challenge. Lagi troubleshoot dan testing rignya.Udah nyoba Maya 8, fiturnya mengecewakan, tapi...daripada ga ada update, setidaknya...yah..begitulah...logonya ga karuan...Mental ray 3.5 juga ga ada update yg signifikan, ga seperti yg dijanjikan.Mudbox, software yg mengobati sakit hatiku..dari segi learning curve, gw udah tau concept dan interface dan workflownya...software ini emang non-technical banget..less than 10 menit udah bisa pakai...
tidak seperti zbrush, yg konsepnya aneh..pake pixol2an.. interfacenya juga aneh. Namun...versi 2.5 yg a…

Dial Up sucks

Yeap, I missed out lots of things that's supposed to be posted here.Maya8, Max9, Reflex, Mudbox, Mental Ray 3.5, Zbrush 2.5, Renderman For Maya 2, renderman studio, and many many more.. Damn! Gara2 dial up gw kehilangan banyak berita.Sedikit update tentang blog. Saya menambahkan fitur 'meebo me widget'. Bagi yang mengunjungi website saya, kita bisa berinteraksi melalui chating apabila saya online. technorati tags:, Blogged with Flock

Integrated or Separated package?

Taon 2006 ini kayanya bakal jadi taon yg menarik buat CG artist. Gimana ga? 2 software canggih baru bakal keluar taon ini.Salah satunya ialah mudbox3D. Program yg bakal mengganti zbrush ini dibuat oleh developer team utk Lord of the rings dan king kong. Beberapa beta tester telah menunjukkan kualitas yg impresif, dan feedback yang luar biasa.Selain itu, ada juga program yg dibuat khusus utk animasi. REFLEX, program yg di develop oleh Ex-pixar programmer yg ditargetkan bakal membuat animasi 3D jauh lebih gampang. Program yg mirip dengan animanium dan HASH animation master ini jauh lebih advanced.Dengan ini, saya menyimpulkan, apakah di masa depan kita akan menggunakan package secara terpisah?Bisa saja utk modeling, saya pake MODO, Kemudian texturing yah spt biasa memakai PS ataupun BodyPaint dan juga MudBox ato Zbrush sebagai komplimen. Utk unwrap, selaen dari Modo, ada UNFOLD3D dan UVLAYOUT. Utk rendering, bisa saja memakai maxwell (ato sejenis-nya seperti Mental Ray stand Alone ato P…

Maya Toggle UI window

Image
Edited version :)
Di Maya, ketika sebuah window dipanggil dengan shortcut key, maka biasanya tidak ada jalan laen selaen click tanda 'x' di bagian kanan atas untuk menutup windows itu. Karena saya males, dan Maya adalah sebuah program yg fleksibel...saya buatin aja biar bisa toggle on off windownya gitu dengan simple MEL.Pada dasarnya concept toggle on off ini sama antara 1 window dengan window yg laen: //toggle_graphEditor, gw assign ke 'alt+2'
if ( `window -exists graphEditor1Window` )
deleteUI -window graphEditor1Window;
else
tearOffPanel "Graph Editor" "graphEditor" true;


//toggle DopeSheet, gw assign ke '2'
if ( `window -exists dopeSheetPanel1Window` )
deleteUI -window dopeSheetPanel1Window;
else
tearOffPanel "Dope Sheet" "dopeSheetPanel" true;


//toggle Outliner, assign ke '1'
if ( `window -exists outlinerPanel1Window` )
deleteUI -window outlinerPanel1Window;
else
OutlinerWindow;


//toggle HyperGraph, gw assign ke 'alt+1…

Jason Schleifer animator friendly rigging

Been so busy past few weeks. Now I'm currently in character rigging process for upcoming Cadbury commercial.Accidentally I revisited Jason Schleifer's blog and found out a treasure. :)For those who are interested in Rigging, here is a nice article. Jason is currently doin a DVD and a book for release in Siggraph 06 next month.http://jonhandhisdog.com/index.php?option=com_content&task=view&id=41&Itemid=2
Blogged with Flock

Welcoming new Twisted 'resident'

Image
Introducing Joey, our new kitten.


Blogged with Flock

MentalRay Rendering option disappeared

Kadang2 waktu bikin Render passes di Maya, ada layer yg pake s/w render, dan ada yg pake MR...tapi kadang2 maya buggy, tiba2 render option di MR ilang...kecuali kalo kita click balek ke master layer.. Masalah ini mgk terjadi karena Mental Ray tidak di load balek. Utk mengatasi masalah ini, ketikkan MEL ini ke dalam userSetup.mel : if(!`pluginInfo -query -l -n Mayatomr`) loadPlugin "Mayatomr";
if(!`pluginInfo -query -l -n cameraFrustum_win_7`) loadPlugin "cameraFrustum_win_7";
Blogged with Flock

Changing Maya splash screen

Image
*gila..ini postingan setaon sebelumnya di IndoCG
mungkin ada yg iseng, spt saya, mengganti splash screen default maya. thread ini udah ada di cgtalk beberapa waktu yg lalu...sekedar tambahan aja bagi yg belum tau dan pengen tau.
1) download reshack (resource hacker) di alamat ini : http://delphi.icm.edu.pl/ftp/tools/ResHack.zip

2) dari reshack, open file mayares.dll (dari folder maya 6\bin)

3) cari tab BITMAP, expand, kemudian cari MAYASTARTUPIMAGE.XPM , expand lagi..ada tulisan 1033

4) right click>save[bitmap:mayastartupimage.xpm : 1033) ...

5) buka file tersebut di Photoshop, edit (jgn mengubah size image) kemudian save balek sebagai bmp

6) dari reshack, rightclick>replace resource, dan cari file yg udah dimodified.

7) save, dan start maya

cheers~

*ini dibuat utk maya yg lagi dipake di kantor ^^

Blogged with Flock

Important Index of Refraction (IOR)

Just to remind myself, here is a list of important IOR used in CG:Some representative refractive indicesMaterial

Vacuum                   1 (exactly)
Air at STP                 1.0002926
carbon dioxide         1.00045
Crown glass             1.52
water ice                 1.31
liquid water (20°C)    1.333
rock salt                  1.516
salt (NaCl)                1.544
polycarbonate         1.59
glass (typical)           1.5 to 1.9
diamond                  2.419
silicon                      4.01
Blogged with Flock

Flock browser

Image
Dapet RSS feed dari temen gw keegan, akhirnya gw nyoba install neh software..Walau masi tahap beta, tapi kayanya software ini bakal ini jadi browser favorit gw.. lengkap dengan fitur tambahan buat blogging dan RSS feeder, INTEGRATED...where else can you find this? skinnya mirip IE 7, tapi engine masi menggunakan firefox...sweet harmony.Saat ini, gw lagi blogging menggunakan tool 'blog post' dari menu yg disediakan. Ga usah login ke blogger lagi. Dan juga proses upload image jauh lebih efektif dan cepat dibanding metode konvensional dimana user upload image, terus diattach ke post sebagai html code. Di Flock, gw cuman drag and drop :)Berikut gambar yg langsung gw drop dari desktop:gambar prosesnya :masi banyak lagi fitur laennya seperti RSS reader, photostream, dll. Gw saranin langsung ke websitenya aja : www.flock.comI HIGHLY RECOMMEND THIS AWESOME BROWSER.
Blogged with Flock

Windows explorer optimization

Karena ga ada kerjaan dan ga ada internet di LCCT ( Low Cost Carrier Terminal). Daripada ga ada kerjaan nunggu pesawat, 2 hours! gw buka laptop gw, terus baca2 e-book yg diberikan Thomas, banyakan ttg windows hacking dan programming.

Beberapa tips yg gw rasa bagus.

-Biasanya kalo kita buka windows explorer, di bagian folder terdapat banyak folder2, ada c:, d:, cdrom, desktop, my network place..bla3X...fitur2 ini akan memperlambat waktu loading dan juga waktu browsing (lah kalo banyak banget kan susah juga carinya, apalagi kalo sub sub sub folder)
dengan menggunakan command ( start > run) ketik : explorer /e, /root,[path folder yg diinginkan]
contohnya : explorer /e, /root,c:\leo\maya tutorial

maka windows explorer akan dibuka, tetapi kita ga bakal liat lagi folder2 seperti cd-rom, d: dan macam2 laennya. Maya tutorial akan menjadi parent dari semua folder tersebut.

Tapi kan males juga kalo kita tiap kali mesti ketik, cara gampangnya ialah dengan menggunakan shortcut, caranya:
- rightclik d…

Life is good

Life's been good :)

baru balek dari Jakarta buat project Iklan TV Indosat bareng director Lance. Syuting bareng Radja ama PADI. I Had a great time in Medan and Jakarta. Thanks for Aplaus in Medan buat nongkrongnya ama gila2an-nya. Thanks buat Exposure Production House udah take care gw selama di Jakarta. Thanks for the crews involved in the production.

Back to Medan.

GW.BALEK.KE.MEDAN......AGAIN.

Ada senangnya, ada keselnya, ada sedihnya...
senengnya, bisa ketemu keluarga dan temen2 gw
sedihnya, ninggalin pacar gw beberapa hari
keselnya, kenapa seh pulang pergi setiap 1 bulan..bete di airport ama di pesawat.

Akhir2 ini gw udah jarang update blog. :(
bukan berarti males, cuman ga bisa akses dari rumah (google di block kali)
lagian, posting gw ga boleh berhubungan ama pekerjaan (ada yg intai blog gw neh hm..)

gw juga bukan type bimbo blogger, duh..mana ada waktu nulis today i do this, i met who, i go where...lagian pernah kena bad experience waktu nulis di xanga dulu.. padahal entrynya cuman mau share ama cewe gw.

terus, kenapa gw pake blogger? lebih enak buat customized aja..di xanga ada banner di bagian atas. terus codingnya lumayan ribet dibanding blogger (gw rasa).

lalu, koq ga ada shoutbox? udah pernah gw taro, tapi ga ada yg make :P Lagian gw rasa..layoutnya jadi kurang rapi dan profesional :P ah..alasan........

Cameron Highland

Image
Bosen dengan kehidupan kota yg bising dan kerjaan kantor yg makin sumpek...Kita berdua pergi ke Cameron Highland. Suasananya adem, tenang, terus banyak farm disana...Kita singgah di pabrik Teh Boh, liat proses pembuatan teh..abis itu makan siang..terus ke strawberry farm, lalu ke honey farm...Walau cuacanya ga se-sejuk Brastagi ato Genting, tapi pemandangannya indah banget. Yg capeknya waktu driving aja, banyak jalan berkelok.